Breaking News
Loading...
Sabtu, 12 Juli 2014

Pengertian Struktur data



Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar
bisa dipakai secara efisien Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia
nyata.
Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol
Secara garis besar type data dapat dikategorikan
menjadi :
1. Type data sederhana
  a. Type data sederhana tunggal, misalnya Integer, real, boolean dan karakter
  b. Type data sederhana majemuk, misalnya String

2. Struktur Data, meliputi
  a. Struktur data sederhana, misalnya array dan record
  b. Struktur data majemuk, yang terdiri dari
      Linier : Stack, Queue, serta List dan Multilist
      Non Linier : Pohon Biner dan Graph

Pemakaian struktur data yang tepat di dalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.
Struktur data yang ″standar″ yang biasanya
digunakan dibidang informatika adalah :
􀁺 List linier (Linked List) dan variasinya
􀁺 Multilist
􀁺 Stack struktur data (Tumpukan)
􀁺 Queue (Antrian)
􀁺 Tree struktur data ( Pohon )
􀁺 Graph struktur data ( Graf )

Struktur data record disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama rekaman ditentukan oleh pemrogram.
Rekaman disebut juga tipe terstruktur.
Contoh :
1. type Titik : record <x : real, y : real> jika P dideklarasikan sebagai Titik maka mengacu field pada P adalah P.x dan P.y.

2. Didefinisikan tipe terstruktur yang mewakili Jam yang dinyatakan sebagai jam (hh), menit (mm) dan detik (ss), maka cara menulis type Jam adalah : type JAM : record

<hh : integer, {0…23}
mm : integer, {0…59}
ss : integer {0…59}
>
Jika J adalah peubah (variabel) bertipe Jam maka cara mengacu tiap field adalah J.hh, J.mm dan J.ss

Terjemahan dalam bahasa C :
1. type Titik : record <x : real, y : real> diterjemahkan menjadi :
typedef struct { float x;
float y;
} Titik;

2. type JAM : record
<hh : integer, {0…23}
mm : integer, {0…59}
ss : integer {0…59}
>

Diterjemahkan menjadi : typedef struct
{ int hh; /*0…23*/
int mm; /*0…59*/
int ss; /*0…59*/
} Jam;

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer